Cara Mengubah Template Blogger Bawaan

Selamat malam kawan, Hari ini di bulan puasa 28 mei 2017, ketika saya membuat postingan ini, saya akan membahas mengenai tutorial bagaimana cara agar tampilan blog kawan tidak kaku, alias merubah dari tampilaan bawaan blogger menjadi tampilan enak dilihat,, hee..  tentunya ini untuk blogger pemula yang memulai awal untuk membuat blog, mungkin agak sedikit basi juga yah karna dunia blogging sudah lama berkembang , dan mengalami kemajuan, but' is ok , namanya juga sharing yah, tidak mengenal waktu..

Apa Itu Template


Hal, Pertama yang perlu sobat ketahui  Template merupakan susunanan file bahasa pemrograman web yang isinya berupa code bisa berupa : HTML,CSS Javascript dan bahasa pemrograman lain yang  di gabungkan akan membentuk suatu Themes, apabila dilihat dari browser.

Fungsi Template


Kegunaan Template sendiri adalah untuk merubah tampilan website agar lebih menarik untuk dilihat oleh diri sendiri maupun pengunjung web sobat, nah sampai sini paham mungkin yah, jadi sebenarnya tergantung keperluan masing - masing pengguna, ada yang hanya untuk tampilan saja ada juga di gunakan untuk bisnis, maksudnya untuk diri sendiri sobat akan merasa senang ketika melihat tampilan web sobat terlihat menarik, dan jika untuk bisnis banyak sekali fiture - fiture yang memerlukan pemrograman kelas web master, alias sudah mahir untuk pengelolaan codingnya, tapi di sini saya hanya akan share cara sederhana hanya untuk merubah template yang bawaan blogger, supaya terlihat unik.

Setidaknya sobat minimal tau HTML untuk menguji template tersebut, tapi kalo hanya copas dari downloadan template juga bisa, tanpa merubah struktur codenya, saya akan jelaskan dulu ada beberapa kriteria yang harus sobat simak di bawah :

Kriteria Template



  • Pilih Template yang ringan : maksudnya cari template yang file size nya kecil, supaya tidak memberatkan ketika proses masuk ke web / blog sobat. misalnya : tidak terlalu banyak script, tidak terlalu banyak gambar dan ukuran template sendiri yang ringan.
  • Cari Template yang menggambarkan isi dari blog sobat , misalkan blog sobat di kususkan untuk tutorial komputer, maka cari tempalte yang sesuai dengan jenis blog tersebut, cari yang menarik supaya pengunjung betah lama - lama di blog sobat.
  • Pilih Template yang SEO Friendly, Banyak penyedia template yang menawarkan Seo Friendly nah cari yang memiliki kriteria tersebut, karena akan di sayang oleh si embah google, ini juga akan membantu web / blog sobat mudah di temukan di mesin pencari.

  • Pilih yang Responsive : maksudnya dari template ini blog sobat bisa di buka di semua jenis Gadget, Bisa itu PC / Laptop, Tab, HP dan lain sebagainya, apalagi sekarang jamannya Smartphone, tentunya pengguna internet lebih banyak berasal dari pengguna Smartphone.

  • Yang terkhir, pilih yang gratisan , karna untuk blogger pemula ini penting sebelum blog / web sobat berkembang, kita mulai dari nol dan gratis, banyak sekali template gratis di internet yang sobat bisa browsing dan download .


Cara Memasukan Template



Nah, pertama kali ketika akan mengganti template sobat , sobat masuk dulu ke dashboard bloggernya kemudian Pilih tema kemudan ada pilihan sesuaikan dan edit HTML ,







sobat pilih Edit HTML, setelah kebuka sobat bisa lihat itu adalah susuna code program yang menampilkan blog sobat , ok sampe disitu , sekarang sobat buka tab baru di browser , silahkan browsing downnload tempalte free SEO Friendly,, nah pasti akan banyak pilihan dan akan sedikit membingungkan karena saking banyaknya, ok, ketika sudah di di download templatenya maka akan berbentuk format rar, di extrak dulu rarnya kemudian sobat cari file berbentuk .xml,,




setelah di dapat xmlnya buka ke halaman edit HTML tadi , sobat bisa mengkopikan dulu codenya ke notepad ( untuk jaga - jaga ) kalau bisa di cut, sampai kosong di edit HTMLnya kemudian drag file xmlnya ke dalam edit HTMLnya , jika tidak ada error code sobat bisa langsung simpan tema , dan lihat hasilnya di Lihat Blog ...

Baik, gimana sudah tampil hasilnya , , ,  selamat mencoba .. 

Sekian Tutornya kali ini, apabila ada pertanyaan silahkan isi coment di bawah , terimakasih . . 

0 Response to "Cara Mengubah Template Blogger Bawaan"

Posting Komentar